Lima Cara Membuat Karyawan Hotel Lebih Kerasan Bekerja

Kamis, 23 Januari 2020 - 00:20 WIB
Lima Cara Membuat Karyawan Hotel Lebih Kerasan Bekerja
Lima Cara Membuat Karyawan Hotel Lebih Kerasan Bekerja
A A A
JAKARTA - Kinerja dan kecakapan setiap karyawan yang bekerja memberikan pengaruh yang sangat signifikan dalam pelayanan sebuah hotel. Apabila inputnya baik, maka output yang dihasilkan juga maksimal. Begitupun sebaliknya.

Di sisi lain, performa para karyawan ini juga sangat dipengaruhi loyalitasnya. Makin setia karyawan pada hotel, tentu makin bagus pula etos kerja mereka. Lantas, bagaimana sih caranya agar karyawan hotel tetap loyal dan kerasan bekerja?

1. Penuhi Hak-Haknya

Karyawan tidak bisa terus dituntut menyelesaikan kewajibannya, sementara hak-haknya sendiri belum dipenuhi. Kunci pertama untuk membuat mereka tetap loyal kepada perusahaan, yakni hotel adalah dengan memenuhi haknya sebaik mungkin. Yang termasuk dalam hak antara lain pembayaran gaji tepat waktu, memberikan THR atau bonus/uang lembur jika bekerja di luar jam tugas, ada komplimen untuk prestasi, memberikan kesempatan cuti sesuai kesepakatan, dan lain-lain. Dengan cara ini, karyawan pasti akan setia.

2. Sediakan Fasilitas

Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan karyawan untuk mendukung pekerjaannya juga merupakan cara untuk membuat mereka tetap loyal. Fasilitas ini bisa berupa mess/tempat tinggal, tunjangan kesehatan, jaminan sosial, kendaraan, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing pegawai. Menyediakan fasilitas akan membuat karyawan merasa dirinya diperhatikan, bahwa hak-haknya dipenuhi. Pada akhirnya, mereka pun akan lebih total dalam bekerja dan melayani tamu-tamu hotel.

3. Buat Jenjang Karier yang Jelas

Prospek karier merupakan salah satu pertimbangan karyawan dalam memilih perusahaan. Jika ingin pegawai tetap loyal bekerja, pastikan perusahaan juga memiliki jenjang karier yang jelas untuk setiap karyawan. Makin jelas prospeknya, makin bersemangat pula dalam bekerja.

Bayangkan jika Anda sendiri bekerja di perusahaan yang prospek kariernya tak jelas. Tak akan betah, bukan? Kejelasan jenjang karier diharapkan bisa menjadi motivasi positif bagi karyawan agar tetap loyal pada perusahaan dan tidak resign untuk bekerja di tempat lain.
Selain jenjang karier, penghargaan berupa promosi jabatan juga penting. Ini akan membuat mereka merasa dihargai. Bagi karyawan lain, momen promosi bisa menjadi pelecut agar bekerja lebih semangat lagi.

4. Santai tapi Tegas

Percayalah, tak seorang pun senang bekerja di bawah tekanan, terlebih punya pimpinan yang otoriter. Atasan memang dituntut untuk tegas demi memastikan kelancaran operasional perusahaan. Namun ingat, tetaplah bersikap santai kepada karyawan agar suasana tidak kaku. Dengan bersikap santai, atmosfer kerja akan menjadi lebih cair. Atasan dan karyawan pun bisa saling memberi dan menerima masukan dengan kepala dingin. Hasilnya, kualitas dan pelayanan hotel makin meningkat.

5 Penilaian yang Objektif

Penilaian merupakan kultur yang lazim dalam setiap perusahaan. Sebagai pimpinan hotel, sudah sepantasnya Anda memberikan penilaian yang objektif agar tidak ada seorang pun karyawan yang merasa dicurangi atau bahkan dianaktirikan. Penilaian ini idealnya didasarkan pada kinerja dan prestasi, bukan soal suka tidak suka.

Selain kelima hal di atas, cara terakhir agar karyawan hotel tetap loyal adalah dengan memberikan pelatihan tentang hospitality, seperti yang dilakukan di Airy Academy. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM hotel-hotel yang bergabung dengan Airy. Dengan menjadi mitra Airy , setiap hotel akan dibekali dengan ilmu yang aplikatif mengenai pelayanan terhadap tamu di setiap level kepegawaian, dari mulai front officer, housekeeping, sampai manajer.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4769 seconds (0.1#10.140)